Selasa, 29 Mei 2012

perangkat input dan output pada komputer

TUGAS
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT

DISUSUN OLEH :
NAMA               : MUH. ALI
NIM                    : 1122031
ANGKATAN   :  XXIV/24
JURUSAN         : AGRIBISNIS PERIKANAN

POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI PANGKEP
2012

HARDWARE (PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT)
     A. perangkat input.
1.keyboard
2.mouse
3.joystick
4 .track ball
5. digitizer ,digitizer banyak digunakan pada pda.
6. kamera
7. scanner,  contoh micr, magnetic strip, optical data reader (ocr reader, ocr tag reader, bar code wand, omr reader).
8.mic ( microfon )mic digunakan untuk memasukkan input berupa suara. penggunaan microfon memrlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebutyaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.
9.pointing device contoh mouse,light pen, digitizer graphic tablet
10.sensor contoh digitizing camera
11.voice recognizer atau speech recognizer
12.key to card
13.key to tape
14.key to disk
Gambar alat perangkat input tak langsung pada komputer:
·         key to card
·          key to tape
·          key to disk
                    
                                                         
ada juga alat yang dapat menjadi input dan output alat seperti itu disebut terminal . terminal dapat dihubungkan langsung dengan komputer denganmenggunakan kabel dari usb (universal serial bus ) atau alat yang lain .terminal juga dibagi menjadi tiga yaitu :
a.       non intelligent terminal atau dumb terminal: hanya berfungsi sebagai perangkat untuk memasukkan input dan menampilkan output , namun tidak dapat memprogram semua itu karena tidak mempunyai alat pemproses.
b.      smart terminal : mempunyai alat pemproses dan memori didalamnyasehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali program ini tidak dapat di program oleh pemakainya hanya bisa oleh pabrik buatannya saja.
c.       intellegent terminal : mempunyai alat pemproses dan memorididalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksikembali program ini dapat di program oleh pemakainya.peralatan input yang tidak mempunyai fungsi ganda dapat dibedakanmenjadi dua yaitu :
input langsung: input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemproses. contoh : keyboard , mouse , layar sentuh , tablet ,scanner ,sensor pada kamera digital , serta microphone .
input tidak langsung : input yang dimasukkan tidak langsung diprosesoleh alat pemproses . contoh : magnetic disk ( disket , hard disk ) , opticaldisk ( cd , dvd , vcd ). magnetic disk mampu menyimpan informasi berupa data dan program melalui magnetisasi suatu medium , sedangkanoptical disk mampu menyimpan informasi melalui cahaya atau laser yangditangkap oleh keping cd/vcd/dvd.
       B. perangkat output
perangkat output adalah perangkat yang mengeluarkan data , program , atau yang lain sebagainya . contoh-contohnya yaitu :
1)     monitor /screen monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kitaketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. monitor disebut jugadengan visual display unit (vdu) media output untuk menampilkan/memperlihatkan informasi sehingga dapat dibaca dan diketahui olehmanusia.
2)     lcd proyektor berfungsi untuk menampilkan gambar hasil dari pemprosesan data.hanya saja lcd membutuhkan perangkat lain yang dapat menerima data & programtersebut . mediumnya lebih baik berwarna putih dan berbidang datar.
3)     printer alat pencetak. istilah ini umum digunakan untuk pencetak karakter atau gambar ke suatumedia (seperti kertas). printer mempunyai satuan kecepatan yaitu cps ( character per second ) , lpm ( line per minute ) , atau ppm ( pages per minute ). printer ada yangdapat mencetak dalam warna dan ada yg tidak .
4)     speaker pengeras suara , penghasil suara , untuk mendengar suara .
5)     peripheral deviceperipheral device adalah output yang merupakan bagian dan pendukung sistem. seperti printer, modem, scanner atau termasuk juga kamera digital.
6)     hard copy device,  berupa alat yang digunakan untuk mencetak tulisan serta image pada media keras seperti kertas, plastik atau film contoh : printer, ploter, computer output to microfilm (com)
7)      soft copy device, berupa alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan serta image pada media lunak yang berupa signal elektonik contoh : video display (crt), flat panel display (lcd), speaker
8)     drive device, berupa alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin dan berfungsi sebagai alat input maupun alat output. contoh : disk drive, tape drive, optical drive, cd-rom.
   
gambar alat perangkat output pada komputer:           
     CDDeskJetploter       






http//:www.alhy.zhatya.blogspot.com
twitter : @alhy_zhatya
facebook : alhy zhatya
mail : muh.ali007@gmail.com

1 komentar: